Selasa, 28 September 2010

BLACKBERRY

Blackberry adalah device yang sama dengan handphone lain, bisa menjalankan fungsi dasar untuk telepon dan sms, yang membedakannya hanyalah Operating System. Operating System pada handphone Blackberry merupakan Operating System (OS) berbasis Java buatan RIM (vendor Blackberry).BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Kemampuan menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telpon genggam hingga mengejutkan dunia .BlackBerry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama BlackBerry. Soal koneksi memang Blackberry device juga bisa menggunakan GPRS dan 3G (seri tertentu, setahu saya baru 8707), namun bedanya adalah, jika pada device lain untuk menarik email ke inbox kita harus dilakukan secara manual (PULL teknology) atau jikapun ada kita harus menginstall 3rd party software sementara dengan blackberry, email muncul tanpa ditarik, seperti pengiriman SMS, email di blackberry akan muncul beberapa saat setelah dikirimkan oleh pengirim ke blackberry kita - bahasa kerennya menggunakan teknologi PUSH.

Kelebihan Blackberry :
1. Dalam mengkompres email yang masuk ke inbox kita, perbandingan dengan email biasa adalah 1:100 dapat menampung email hingga puluhan ribu tanpa ada resiko hang asalkan ada memori tersisa .
2.Kualitas Blackberry device sangat dapat diandalkan.
3.Bisa mengirim email dan menerima email sebanyak-banyaknya dengan satu harga.
4.Mengirim email semudah mengirim dan menerima sms,dan tidak perlu ada tambahan biaya.
5.Email sifatnya lebih formal bagi orang yang berbisnis,sehingga surat-menyurat lebih mudah dan terpercaya.
6.Bisa melakukan browsing ringan internet,selama website tidak terlalu berat.
7.Bisa menerima RSS dengan bantuan software Vigo.
8.Dapat melakukan chating dengan berbagai macam media baik YM,Gtalk,Blackberry Messengger.
9.Chatting dengan rekan atau teman yang ada diluar negeri atau dimana pun dengan gratis dan realtime.Dan hasil pembicaran bisa lsg dikirim melalui email jika memang berhubungan dengan bisnis atau yang lain.
10.Untuk pelanggan individu paket nya disebut BIS, harga cukup terjangkau berkisar dari 150-200rb/bln.
11.Operator yang telah mendukung Indosat, (Matrix,Mentari),XL (pascabayar),T-Sel (Halo,simpati).
12.Bisa digunakan sebagai GPS.
13.Telah didukung teknologi wifi = sehingga jika kita berpergian keluar negeri bisa menerima email dan mengirim email gratis melalui hot-spot.
14.Kita bisa mengikuti milis yang kita sukai.sesuai hobby, jadi kita bisa bertemu dengan orang yang mempunyai hobby sama dengan kita.
15.Bila kita sering menerima email dan selama ini kita harus membuka laptop,connect network dulu hanya untuk mengetahui jawaban dari rekan bisnis atau yang lain, hal ini bisa dipermudah karena, begitu server terima langsung di push di unit tersebut dengan delay kurang lebih 20 menit tergantung jaringan.
16. Kemudian jika kita mengirim sms hanya terbatas 160 karakter kalau email mau 1000 karakter atau 5000 karakter bebas dan tidak bayar lagi.
17.Mempunyai blackberry seperti mempunyai dunia sendiri, plus nya adalah kita tidak menganggu orang disekitar kita.
18.Hanya dengan menggunakan blackberry device anda baru bisa meresakan semua manfaat tersebut, karena bila menggunakan hp merk lain dan menggunakan blackberry connect tidak semua fungsi bisa berjalan.
19.Push e-mail. Dengan push e-mail semua e-mail masuk dapat diteruskan langsung ke ponsel. E-mail juga sudah mengalami proses kompresi dan scan di server BlackBerry sehingga aman dari virus.

Kekurangan Blackberry :
1.Hantu pemakan email/sms, disebut demikian karena sampai saat ini ada device blackberry yang entah kenapa bisa menghilangkan email/sms.Penyebab yang paling mungkin adalah memory internal blackberry yang mengecil, sehingga device blackberry secara otomatis men-delete email/sms yang ada untuk menaikkan besarnya memory internal.
2.Software blackberry sangat sedikit dan semuanya harus berbayar.
3.Software yang digunakan pasti harus melalui otorisasi RIM (blackberry kita pasti selalu connect ke server RIM sebagai penyedia layanan blackberry) .
Sistem Operasi
RIM menyediakan sistem operasi multi-tugas (multi-tasking operating system - OS) bagi BlackBerry yang memungkinkan penggunaan secara intens dari sebuah alat . OS menyediakan dukungan bagi MIDP 1.0 dan WAP 1.2. Versi sebelumnya memungkinkan sinkronisasi nirkabel melalui e-mail dan kalendar Microsoft Exchange Server, dan juga e-mail Lotus Domino. Sementara OS 4 yang terbaru merupakan pelengkap dari MIDP 2.0, dan memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan e-mail, kalender, dan lain-lain.
Perangkat Lunak
BlackBerry Enterprise Server (BES)
Keuntungan yang diperoleh adalah memperluas komunikasi nirkabel dan data perusahaan kepada pengguna aktif dengan cara yang aman.
BlackBerry Professional Software (BPS)
BPS merupakan komunikasi nirkabel dan kolaborasi solusi bagi usaha kecil dan menengah. Ia menghadirkan berbagai fitur yang dibutuhkan karyawan, dalam sebuah paket yang mudah dipasang dan harga yang lebih murah.
BlackBerry Internet Service (BIS)
Dengan BIS, kita juga dapat membuka tambahan data (attachment) dalam bentuk excel, word, powerpoint, pdf, zip, jpg, gif dengan tingkat kompresi data yang tinggi.
BlackBerry Mobile Data System (BlackBerry MDS)
Sebuah aplikasi optimisasi pengembangan kerangka kerja untuk BlackBerry Enterprise Solution, menyediakan Anda sebuah alat pengembangan untuk membangun, menyebarluaskan, serta mengatur interaksi antara BlackBerry smartphones dan aplikasi perusahaan.

Model
Model Awal : 850, 857, 950, 957 Model Monokrom berbasis Java : seri 5000 dan seri 6000 Model Warna : seri 7200, seri 7500 dan seri 7700 Model dengan kemudahan mengetik : seri 7100 Model BlackBerry Modern : seri Huron (8800), termasuk BlackBerry Pearl (8100) dan BlackBerry Curve (8300) Model Terkini (2008- ..) : Seri Bold (9000), Pearl Flip (8220), Storm (9500), Javeline (8900), dan Gemini (8520 lalu yang terbaru adalah BlackBerry Bold 9700 dan BlackBerry storm II
Umumnya BlackBerry dijual sepaket dengan nomor operator GSM seperti XL, Indosat,Axis dan Telkomsel. Dengan demikian unit BlackBerry dikunci dengan tiga operator. Namun ada juga unit BlackBerry sebagai unit yang terpisah, alias sudah di-unlock sehingga bisa dipakai oleh seluruh operator. BlackBerry seperti ini berasal dari luar negeri. (RBA4762)
Saat ini ada banyak tipe BlackBerry yang ada di Indonesia. Tipe lama seperti 7290, 7730, dan tipe baru misalnya 81xx series, 83xx series, 88xx series, dan 87xx series. Yang terbaru adalah BlackBerry 9000 alias BlackBerry Bold.
BlackBerry 83xx series (curve) yang ada di pasaran, misalnya BlackBerry 8300, 8310, dan 8320. BlackBerry 8300 hanya mempunyai kamera saja tanpa fitur tambahan lain. BlackBerry 8310 memiliki kamera dan GPS. Sedangkan BlackBerry 8320, yang merupakan tipe terlaris dari 83xx series, memiliki kamera dan WiFi.
Series selanjutnya adalah BlackBerry 88xx series atau Huron. Dengan varian BlackBerry 8800 dengan fitur GPS, dan 8820 dengan GPS dan WiFi.
BlackBerry 81xx series atau Pearl memiliki varian 8100, 8110, dan 8120. Model-model baru BlackBerry adalah 87xx series. Terdiri dari BlackBerry 8700 dan 8707. Tipe ini adalah BlackBerry 3G yang pertama.

Spesifikasi dan fitur ponsel Blackberry yang paling sel sejak 2000
1.Pesan instan antara lain :
Yahoo Messenger , Google Talk dan Skype .

2.Blackberry Pearl 8130
Hal ini memiliki banyak fitur seperti: sistem speakerphone, data broadband nirkabel EV-DO, kecepatan tinggi EDGE data nirkabel dan trackball.

3.Blackberry 8700r
Ponsel dengan banyak fitur termasuk: Bluetooth, keyboard penuh, bebas pembicara tangan dan EDGE data kecepatan tinggi.

4.BlackBerry 8830
Memiliki banyak fitur seperti: konektivitas Bluetooth, keyboard penuh, modus speakerphone dan data EV-DO broadband.

5.Kurva Blackberry 8310
Ponsel dengan fitur termasuk: Bluetooth, QWERTY keyboard, speakerphone dan EDGE data kecepatan tinggi.


6.Blackberry 8820
Hal ini memiliki banyak fitur termasuk: data kecepatan tinggi EDGE, trackball, Bluetooth dan keyboard yang lengkap.

7.Blackberry curve 8300
Hal ini memiliki banyak fitur seperti: speakerphone, EDGE kecepatan tinggi data nirkabel, trackball dan konektivitas Bluetooth.

8.BlackBerry 7780
Ini memiliki speakerphone dan keyboard QWERTY lengkap.

9.Blackberry 8703e
Ponsel dengan berbagai fitur seperti: Bluetooth, keyboard QWERTY lengkap, modus speakerphone dan broadband nirkabel EV-DO data.

10.BlackBerry 7730
Ini memiliki keyboard lengkap dan mode speakerphone handsfree built-in.

11.BlackBerry Pearl
Memiliki banyak fitur seperti: konektivitas Bluetooth, keyboard penuh, built-in speakerphone dan kecepatan tinggi EDGE data nirkabel.

12.BlackBerry 8800
Ponsel dengan banyak fitur termasuk: sistem speakerphone, EDGE data nirkabel kecepatan tinggi, trackball dan modus pesawat.

13.BlackBerry The 8700g
Ponsel dengan banyak fitur seperti: mode pesawat, konektivitas Bluetooth, keyboard lengkap dan speaker hands-free.

14.BlackBerry yang 7100v
Ponsel dengan Bluetooth, keyboard penuh dan speakerphone.

15.BlackBerry yang 7130v
Hal ini memiliki banyak fitur seperti: Bluetooth, keyboard penuh, mode speakerphone handsfree built-in dan EDGE data kecepatan tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar